oleh

Artikel Pilar Konten Abadi Halaman Satu Google, Ini Caranya!

ketiktek.com, Tips – Artikel Pilar bagi pecandu SEO bukanlah hal yang asing lagi, begitu juga untuk pemula yang masih berharap artikelnya bisa masuk kedalam halaman satu Google. Semua penulis tentunya akan berloba-lomba bagaimana artikelnya dapat banyak terbaca orang.

Artikel pilar atau artikel landasan, seperti kita ketahui memiliki informasi yang lengkap dan detail. Penulisan ini bermula dari para brand marketing untuk memperkenalkan produknya secara detail, rinci dan lengkap.

Gaya penulisan ini terbukti memberikan manfaat bagi para marketing, karena biasanya target pembeli akan terlebih dahulu mencari informasi terkait produk tersebut pada mesin pencarian Google.

Cara penulisan artikel pilar ini ternyata dan tidak disangka lebih mudah masuk pada halaman pertama Google. Salah satu penyedia plugin SEO YOAST memanfaatkan peluang ini, dengan mempublis plugin yang memudahkan penulis untuk mengetahui apakah tulisannya sudah memiliki SEO dan memiliki keterbacaan yang baik yang ditandai dengan tanda lampu hijau jika kita menggunakan plugin ini.

Algoritma Google lebih mengutamakan artikel yang memiliki kata kunci atau keyword, detai tulisan yang lengkap. Baik backlink, sub judul katakunci, dan masih manyak lagi.

Pengertian Artikel Pilar

Bagi para pemula yang sedang mencari informasi mengenai cara masuk kehalam satu Google pasti akan menemukan berbagai macam tutorial atau cara. Namun hal utama yang harus kita pahami terlebih dahulu adalah apa itu artikel pilar.

Artikel pilar adalah tulisan yang berisi informasi lengkap tentang suatu hal, memiliki pembahasan yang detail mulai dari A-Z dalam satu Artikel.

Ciri Ciri Artikel Pilar

Penulis juga harus mengetahui apa saja ciri-ciri dari artikel pilar. Berikut adalah ciri-cirinya.

  • Memiliki panjang artikel diatas 1000 kata pada laman kerja word
  • Memiliki pembahasan yang detail
  • Berisi informasi yang bermanfaat dan banyak orang yang mencari setiap detiknya
  • Layak menjadi referansi dengan mutu tulisan yang memiliki sumber-sumber terpercaya
  • Konten asli alias original bukan plagiat
  • Mempunyai organik trafik dari google search.
Baca Juga:  WhatsApp Kamu Diblokir Orang Lain, Ini Cara Mengetahuinya

Untuk dapat menyelasain penulisan artikel pilar dengan ciri-ciri tersebut untuk saju judulnya membutuhkan waktu 1 hari jika kita fokus. Dan paling lama bisa terselesaikan seminggu jika kita mengerjakannya pada jam-jam kosong.

Tentunya pengerjaan yang cepat jika isi memori otak kita sudah memiliki banyak riset baik referensi dari yang sudah kita baca dengan gaya penulisan yang terstruktur dan rapi.


Manfaat Artikel Pilar

Dengan penulisan yang memiliki detai dan riset keyword tentunya memberikan manfaat tersendiri. Baik tulisan kita memiliki banyak keyword, baik organik maupun turunyanya. Mudah masuk pada halam 1 pencarian Google. Berikut manfaat atrikel pilar.

  1. Menghasilakn banyak trafic
  2. Mudah ditemukan pembaca karena memiliki banyak kata kunci
  3. Meningkatkan trafik pada tulisan yang ada dalam blog maupun website
  4. Situs lebih cepat terkenal
  5. Dapat menghasikan pundi-pundi tambahan baik dari endorsement, iklan, maupun tulisan Advertorial
  6. Ranking website akan ikut naik
  7. Page Authority (PA) Website naik.

Untuk kita ketahui Page Authority (PA) ialah nilai untuk memprediksi kemungkinan rankking sebuah laman pada mesin pencarian atau SERP (Search Enggine Result Page) dan nilai ini dikembangkan oleh Moz.

Dengan memiliki kualitas artikel pilar yang bagus akan membantu artikel mendapakan kredibilitas oleh Google. Karena memiliki konten yang jelas, detail, dengan menjelasakan satu topik tulisan yang lengkap dan tuntas.

Artikel Pilar memliki Trafik melimpah

Artikel yang bisa masuk pada Google Page One sudah pasti akan mendapatkan trafik dan baclink yang melimpah dan menjadi rujukan untuk penulis lainya karena memiliki isi tulisan yang lengkap.


Contoh Gaya Penulisan Artikel Pilar

1. Judul berawan Angka
Dari semua postingan artikel yang mucul pada halaman satu Google rata-rata memiliki judul yang berawalan angka. Gaya penulisan seperti ini sudah menjadi favorit di Indonesia baik bloger maupun media nasional Contoh “25 Tempat Wisata Alam Lampung yang Wajib Dikunjungi”.

2. Tulisan Analisis
Konten tulisan yang memiliki unsur analisis untuk menyertak bukti valid, yang dapat mendukung data-data kuat dalam menganalisa, contoh “Satgas Sebut Mulai Terlihat Tanda-tanda Pandemi Covid-19 Global akan Berakhir”.

3. Arikel Tutorial
Hampir seluruh kata kunci yang terditek mengandung kata tutorial atau cara menjadi trafik karena semua pengguna smartphone akan mengetik katakunci ini. Jadi buatlah artikel pilar yang membuat pembaca paham. Contoh: “Cara Mengetahui Isi Chat Pacar di WhatsApp, Siapkan Mental Sebelum Mencoba!”.

4. Interview
Gaya penulisan wawancara atau interview dengan narasumber terpercaya. Hal ini biasanya kita temui pada media portal berita seperti detik.com, liputan6.com, tribunnew.com, kompas.com dan masih banyak lagi. Hampir semua artikel wawancara topik yang sedang hangat pasti kita akan menemui berita dari portal berita tersebut.

Baca Juga:  2 Rahasia Copywriting “Harus Diketahui” yang Menjamin Kesuksesan!

5. Artikel Rangking
Tulisan yang mengulas seputar peringkat suatu bahasan tertentu juga sangat memiliki potensi besar muncul pada halaman satu Google. Hampir semua blog maupun website mainstream membuat artikel tulisan seperti ini. Contoh “4 Artis Sukses yang Nyaris Tak Punya Haters, Disayang Fans Nih”.

6. Artikel Definisi
Jenis tulisan artikel seperti ini biasanya sangat banyak kita jumpai pada website atau blog pendidikan. Artikel seperti ini biasanya mengulas pengertian atau definisi dari satu topik tertentu dengan memiliki sumber-sumber terpercaya dan rujukan yang tepat sebagai landasan penulisan.

Itulah bahasan mengenai artikel pilar yang dapat menjadi konten abadi pada halaman satu Google. Agar penulis dapat bertahan lama dalam dunia bloger maupun portal berita dan dapat menghasilkan pundi-pundi rupiah yang memadai, mulailah dengan memperbaiki struktur tulisan.

Kuatankan blog dan website dengan membuat konten abadi atau artikel pilar, usahakan memproduksi  artikel berkualitas seminggu sekali untuk mendapatkan trafik yang banyak. Selalu semnagat dan terus berusaha. (TikTek)


 

addgoogle

Komentar